Sebagian besar pelancong memesan safari daftar ember mereka di taman nasional seperti Cagar Alam Maasai Mara di Kenya, tetapi pengalaman safari terbaik terletak pada konservasi milik pribadi yang bekerja untuk mendukung komunitas lokal dan melindungi satwa liar Afrika.

Pengawal Maasai kami berjalan di depan kami, siluet tombaknya menunjuk ke arah langit pagi, yang menyerupai lukisan cat air saat bergerak dari warna pink pastel ke biru. Ini hampir pukul 6 pagi saat saya dan mitra saya berderak di sepanjang jalan setapak penuh tanah merah yang mengarah dari tenda kami di Basecamp Explorer Eagle View ke kendaraan safari terbuka yang menunggu untuk membawa kami ke drive game pertama kami. Dua hari yang lalu, kami terbang tinggi di atas Samudra Atlantik dengan penerbangan Kenya Airways dalam perjalanan dari New York ke Nairobi. Terbungkus dalam kenyamanan akomodasi kelas bisnis mereka—setara dengan maskapai besar lainnya—kita sekarang berada di suatu tempat di alam liar Maasai Mara Kenya.

Setelah malam yang ditandai oleh soundtrack satwa liar yang diputar berulang-ulang, ada sesuatu yang menggembirakan tentang berjalan di antara semak-semak Afrika sebelum matahari terbit. Beberapa jam sebelumnya, saya mendengarkan cara mengunyah hewan besar (mungkin kuda nil atau gajah) yang merobek dedaunan dari pepohonan di luar dinding kanvas tenda kami. Sudah cukup dini bagi pemangsa untuk masih mengintai di salah satu semak-semak ini, jadi kami berjalan dengan susah payah di belakang pengawal Maasai kami dengan napas tertahan, sepatu bot kami bergerak tanpa suara di sepanjang tanah yang kaya mineral. Berada di sini di Mara Naboisho Conservancy di Kenya berarti melangkah ke alam liar imajinasi saya dan menyaksikan versi dunia yang bebas dari gedung pencakar langit, polusi, dan lalu lintas.

Ketika dihadapkan dengan prospek menulis tentang safari, sulit untuk tidak menjadi korban dari kiasan biasa yang sering dirujuk ketika menggambarkan alam liar Afrika. Sulit untuk mengabaikan kenyataan safari: tidak dapat diaksesnya, label harga yang melekat, akar kolonial yang melekat yang bergema hingga hari ini, paling jelas dimanifestasikan dalam pakaian safari. Tetapi Basecamp Explorer melakukan sesuatu yang berbeda, sesuatu yang inovatif. Mereka mengambil konsep safari dan tidak hanya membuatnya lebih mudah diakses dengan menawarkan penginapan murah untuk kedua orang asing dan penduduk setempat (sesuatu yang hanya ditawarkan oleh banyak operator safari setelah pandemi menghentikan perjalanan internasional), tetapi mereka berusaha untuk secara sadar mengatasi ancaman yang tidak diketahui kebanyakan orang Barat: perambahan tanah.

See also  10 Pertunjukan Makanan Nikmat untuk Ditonton Selama Liburan Anda

Banyak yang berasumsi bahwa ancaman terbesar bagi satwa liar Afrika adalah perburuan liar, tetapi kenyataannya adalah perambahan lahan. Komunitas lokal, seperti Maasai semi-nomaden, berbatasan dengan cagar nasional utama dan berkonflik dengan satwa liar serta pola migrasi dan perburuan mereka. Satwa liar mengancam pertanian dan peternakan komunitas Maasai di dekatnya, sementara hewan yang berkeliaran terlalu dekat dengan manusia berisiko dibunuh. Sebagai tanggapan, Basecamp Explorer bermitra dengan Maasai untuk membuat Mara Naboisho Conservancy, area yang ditunjuk untuk satwa liar untuk berkeliaran bebas tanpa campur tangan manusia.

Cagar Alam Mara Naboisho, yang berbatasan dengan Cagar Alam Maasai Mara milik pemerintah dan nasional, terdiri dari 530 bidang tanah milik keluarga Maasai setempat. Setiap bulan, Basecamp Explorer—dalam kemitraan dengan sesama operator tur—membayar biaya sewa kepada keluarga Maasai, memperkenalkan aliran pendapatan yang lebih menguntungkan yang membuktikan alternatif pertanian dan peternakan yang lebih berkelanjutan. Model menang-menang ini telah menjadi preseden di Kenya—dan Afrika, secara keseluruhan—dari apa yang dapat dicapai jika operator tur safari bekerja dengan penduduk setempat.

Sejak awal, Konservasi Mara Naboisho telah menerima Penghargaan Pemukiman Manusia Global untuk Perencanaan dan Desain untuk demonstrasi luar biasa dalam mempromosikan kota berkelanjutan dan pemukiman manusia dan menerapkan tujuan pembangunan berkelanjutan. Model ini tidak hanya bermanfaat bagi satwa liar setempat dan melindungi keanekaragaman hayati unik Maasai Mara, tetapi juga menawarkan manfaat yang signifikan bagi komunitas Maasai setempat, yang banyak di antaranya bekerja langsung dengan operator, seperti Basecamp Explorer, dalam peran kepemimpinan dan sebagai pemandu safari.

“Ada penelitian yang mengatakan bahwa sekitar 70% komunitas Maasai lokal hidup di bawah garis kemiskinan PBB sebelum konservasi didirikan,” jelas Svein Wilhelmsen, Pendiri & Ketua Basecamp Explorer Foundation dan Basecamp Explorer, yang mengoperasikan kamp di Kenya dan Svalbard. “Tanpa COVID, mitra wisata ditetapkan untuk membayar hampir $8 juta pada tahun 2020 dalam biaya sewa ke 15 pemeliharaan di Masai Mara (sekitar 15.000 keluarga Maasai). Itu dampak yang cukup besar dalam dirinya sendiri. Selain itu, Anda memiliki sekitar 2.000 pekerjaan yang diciptakan dan proyek komunitas seperti klinik kesehatan dan sistem air tawar. Konservasi, seperti Naboisho, menawarkan perubahan besar pada suku Maasai, dan Anda dapat melihatnya saat berkendara. Penduduk setempat memiliki rumah yang lebih baik, menyekolahkan anak-anak mereka, dan pekerjaan diciptakan secara lokal.”

See also  Dia Membangun Kompleks Kuil untuk Menghormati Ibunya. Apa yang Anda Lakukan untuk Hari Ibu?

Saat mempertimbangkan safari, sebagian besar pelancong cenderung memfokuskan pencarian mereka di taman nasional seperti Serengeti, Kruger, atau Maasai Mara. Namun, di cagar alam milik pribadi, seperti Mara Naboisho, Anda diberi kesempatan unik untuk mendukung komunitas lokal sambil semakin dekat dengan alam.

“Kita bisa membuat aturan. Kami dapat menjamin tingkat pengalaman yang berkualitas tinggi. Misalnya, jumlah turis, jumlah kamp, ​​​​jumlah tempat tidur, kita bersama—operator tur dan tuan tanah Maasai—yang memutuskan itu,” tambah Wilhelmsen. “Kita bisa melakukan aktivitas yang tidak bisa dilakukan di cagar alam, seperti walking safari, night safari, dan bush food. Ini adalah pengalaman tamu yang lebih baik, dan sebagian besar uang yang Anda bayarkan kembali ke komunitas dan konservasi satwa liar.”

Pada drive game pertama kami dengan Basecamp Explorer, kebebasan untuk “menetapkan aturan” segera terlihat. Meskipun kendaraan safari sering kali terbatas di jalan-jalan yang penuh tanah di cagar alam, pemandu Maasai kami melintasi hamparan luas ladang emas untuk membawa kami lebih dekat ke singa, hyena, jerapah, dan kijang. Saya dengan cepat menjadi terpesona oleh permainan drive ini, yang berlangsung di pagi hari atau sore hari untuk menghindari matahari tengah hari. Tidak peduli seberapa awal kita harus bangun (biasanya sekitar jam 6 pagi), berapa lama mereka pergi (sekitar empat jam), atau jika istirahat kamar mandi terjadi di belakang kemudi kendaraan sementara teman perjalanan saya memalingkan muka (Anda mendapatkan terbiasa), saya langsung jatuh cinta dengan drive game.

Dataran yang tampaknya kosong—tidak ada apa-apa selain pohon akasia dan batu-batu besar yang berserakan—selalu menjadi rumah bagi banyak satwa liar yang bersembunyi di depan mata. Saat kami berkendara, saya melihat sekawanan zebra; garis-garis mereka sangat kontras dengan warna hijau semak, cokelat, dan krem. Sesuatu tentang zebra tampak hampir palsu. Tubuh bergaris mereka terlihat terlalu sempurna dan menonjol seolah-olah seseorang mengambil seember cat hitam dan mengoleskan sapuan zig-zag di punggung mereka beberapa detik sebelum mobil kami berhenti. Jerapah juga tampak seperti dunia lain, seolah-olah diambil dari imajinasi seorang anak kecil. Seperti balerina, kaki ramping jerapah meluncur di atas rumput saat mereka dengan lesu berjalan dari pohon akasia ke pohon akasia untuk mencari makanan.

See also  Menginap Di Sini Seperti Tidur di Galeri Seni

Saat setiap hewan menjadi fokus, pemandu Maasai kami (yang dipanggil Steve) menghibur kami dengan fakta tentang hyena dan panggilan unik mereka, gajah dan hierarki sosial mereka, kuda nil dan perilaku siang hari mereka. Dengan pengetahuan ensiklopedisnya tumpah, tiba-tiba, Steve mendapat pesan teks dan menarik mobil menjauh dari zebra untuk melaju ke arah yang berlawanan. Singa terlihat sedang tidur siang dengan malas di bawah sinar matahari sore dan perhatian harus diberikan.